Mengenal Delphi
Borland Delphi merupakan program aplikasi visual dan database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi mempunyai kemampuan untuk membangun aplikasi yang multi-threaded dan mendukung pembuatan, pemakaian, serta pengontrolan thread.
Mengenal IDE Delphi
IDE pada Delphi sebagai interface dalam Delphi mempunyai tujuh bagian utama seperti yang terlihat pada gambar diatas, yaitu menu bars, tool bars, form designer, component palette, object inspector, code editor, dan object treeview. Tetapi sebenarnya masih adalagi bagian-bagian IDE yang lain yang tidak terlihat pada tampilan awal ini, seperti data module dan yang lainnya.
Mencoba Delphi
1. Jalankan Delphi
2. Setelah masuk ke Delphi, anda akan melihat sebuah form kosong yang berjudul FORM1. Jika tidak ada, pilih menu File|New Application.
1. Jalankan Delphi
2. Setelah masuk ke Delphi, anda akan melihat sebuah form kosong yang berjudul FORM1. Jika tidak ada, pilih menu File|New Application.
3. Pilih tab Standard dari Component Pallete
4. Klik Button.
5. Klik di tengah-tengah form dan akan muncul sebuah button di form.
6. Klik ganda pada button. Ditampilkan sebuah window dengan cursor berada di antara sebuah sebuah begin dan end.
7. Ketikkan pernyataan ini :
Canvas.TextOut(20,20,’contoh peMrograman Delphi..’);
8. Anda telah membuah aplikasi Delphi. Tekan tombol F9 atau run|Run dari baris menu, untuk menjalankan aplikasi.
Menampilkan Kotak Pesan
1. Buat aplikasi bru dengan cara klik menu file >> New >> application.
2. tambahkan komponen button pada form dan ubah propery caption menjadi Pesan.
3. Double klik komponen tersebut sehingga anda masuk pada kode editor. Dan masukan kode program berikut:
Showmessage(‘Ini Contoh Pesan!!!’);
Terlihat secara lengkap seperti gambar berikut:
4. Jalankan program. Jika sudah berjalan cobalah dengan melakukan klik pada tombol pesan. Aplikasi akan menampilkan pesan seperti gambar berikut:
APLIKASI CONSOLE, TIPE DATA KONSTANTA DAN VARIABEL
Aplikasi Console
Aplikasi console merupakan sebuah aplikasi yang tidak mempunyai form. Aplikasi ini berbasis text mode dan umumnya berjalan pada command prompt. Delphi menyediakan fasilitas untuk mmbangun aplikai console.
Ikuti Langkah berikut:
1. Buat folder nama anda pada direktori .. My document/pemrograman. Misalnya C:\My document/pemrograman/robiin.
2. Buka aplikasi pemograman Delphi dari menu start.
3. setelah aplikasi Delphi terbuka, buatlah aplikasi untuk console dengan cara klik file >> new >> other sehingga muncul kotak dialog new item.
4. Klik pada Console Aplication kemudian klik tombol OK. Setelah itu code editor pada Delphi akan muncul dan siap untuk memulai membuat program console.
5. Simpan aplikasi tersebut pada folder yang telah anda buat dan berinama pertama.pas.
6. Ketikan beberapa kode program sehingga seluruh program menjadi seperti berikut.
program pertama;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
SysUtils;
begin
{ TODO -oUser -cConsole Main : Insert code here }
writeln('Selamat Datang pada aplikasi console yang pertama');
writeln('Ini adalah program pertamaku');
write ('selamat mencoba');
end.
7. Simpan kembali dengan meng-klikmenu file >> save, atau dengan klik toolbar save.
8. Buka aplikasi Ms. Dos Prompt. Activ pada drive c kemudian kompilasi file yang baru saja anda buat. Dengan perintah DCC32 Nama_file. Seperti berikut:
9. tekan enter kemudian perhatikancomentar yang muncul. Jika tidak ada pernyataan error maka program telah terkompilasi dan menghasilkan file pertama.exe.
10. panggil file exe dengan mengetikan nama filenya lengkap dengan pathnya. Misalnya: C:\> my document/pemrograman/petama.exe. dan anda dapat lihat hasilnya seperti berikut:
Konstanta, Type data dan Variabel
Di dalam program seringkali digunakan nilai tetap. Misalnya persentase PPH, sebesar 15%. Jika kita memakai nilai tersebut sebanyak 5 kali, maka kita akan menuliskan 0.15 sebanyak 5 kali. Jika suatu saat, nilai terserbut berubah, kita akan mengubah nilai tersebut sebanyak 5 kali. Hal ini akan merepotkan jika nilai tersebut dipakai lebih sering dan dalam program yang besar sehingga kita harus menelusuri program tersebut dari awal sampai akhir.Nilai konstanta tidak dapat diubah pada saat program dieksekusi. Berbeda dengan konstanta adalah variabel yang isinya dapat diubah-ubah saat program dijalankan.
Konstanta dan variabel mempunyai nama, yang biasa disebut identifier. Panjang identifier boleh berapa saja, tetapi hanya 63 karakter pertama yang dikenal. Karakter pertama dari identifier harus sebuah huruf atau garis bawah dan karakter-karakter berikutnya boleh huruf, angka atau garis bawah.
Setiap variable yang kan digunakan untuk menyimpan data, akan ditentukan tipenya. Sebuah veriabel yang bertipa data numeric tidak akan dapat digunakan untuk menyimpan data huruf. Beberapa tipa data yang sangat umum digunakan adalah integer, real, char, dan string.
Tipe integer dipakai untuk menyatakan bilangan yang tidak memiliki desimal. Tipe data real dipakai untuk menyimpan bilangan yang mempunyai decimal, contohnya d jam lembur dinyatakan dengan bilangan bulat. Kadang-kadang jam lembur memakai desimal. Oleh sebab itu kita harus mengubahnya dengan tipe real. Tipe character dipakai untuk menyimpan satu huruf. Sebuah karakter berukuran satu byte. String adalah sederetan karakter yang membentuk kesatuan. Tipe string lebih banyak gunanya daripada tipe karakter. String dapat dipakai untuk menyimpan data Nama, Alamat, Kota dan lain-lain.
Konstanta dan variabel mempunyai nama, yang biasa disebut identifier. Panjang identifier boleh berapa saja, tetapi hanya 63 karakter pertama yang dikenal. Karakter pertama dari identifier harus sebuah huruf atau garis bawah dan karakter-karakter berikutnya boleh huruf, angka atau garis bawah.
Setiap variable yang kan digunakan untuk menyimpan data, akan ditentukan tipenya. Sebuah veriabel yang bertipa data numeric tidak akan dapat digunakan untuk menyimpan data huruf. Beberapa tipa data yang sangat umum digunakan adalah integer, real, char, dan string.
Tipe integer dipakai untuk menyatakan bilangan yang tidak memiliki desimal. Tipe data real dipakai untuk menyimpan bilangan yang mempunyai decimal, contohnya d jam lembur dinyatakan dengan bilangan bulat. Kadang-kadang jam lembur memakai desimal. Oleh sebab itu kita harus mengubahnya dengan tipe real. Tipe character dipakai untuk menyimpan satu huruf. Sebuah karakter berukuran satu byte. String adalah sederetan karakter yang membentuk kesatuan. Tipe string lebih banyak gunanya daripada tipe karakter. String dapat dipakai untuk menyimpan data Nama, Alamat, Kota dan lain-lain.
OBJECT PASCAL
Perulangan
Kadang-kadang kita akan menjalankan sekumpulan instruksi berulang-ulang sampai kondisi tertentu. Ada 3 perintah dasar untuk melakukan pengulangan. Perhatikan bagian-bagian berikut dan lihatlah perbedaannya.
Inti dari sebuah program adalah bagaimana mengambil keputusan berdasarkan masukan yang ada. Pengambilan keputusan dilakukan dengan eksekusi kondisional. Ada 2 pernyataan kondisional dalam object pascal, yaitu If-Then-Else dan Case-Of yang disebut dengan percabangan.
Array merupakan sebuah tipe data yang berfungsi untuk menyimpan sekumpulan data dengan tipe tertentu dimana kumpulan data tersebut diindex dengan secara terurut. Misalnya kumpulan data integer yang berjumlah sepuluh adalah Array [1..10] of integer.
Sebuah array bertipe integer maka array ini adalah tipe data yang yang merupakan kumpulan-kumpulan data yang bertipe integer.
Function dan Procedure
Procedure adalah kumpulan pernyataan program yang berbentuk sebuah blok program. Blok tesebut dapat diaktifkan dengan seubah pemanggilan procedure. Perhatikan procedure berikut :
Procedure TulisPesan;
{Buat jendela}
{Tulis pesan ke jendela}
{Buang jendela}
end;
Function mempunyai sedikit perbedaan. Function adalah procedure yang menghasilkan sebuah nilai. Misalnya sebuah persamaan y=cos(6). Fungsi cos memakai bilangan 6 sebagai operandnya, menghitung nilai cosinus dari 6 dan mengembalikan nilainya ke persamaan. Fungsi cosinus dipanggil dari sebuah ekspresi matematika. Function di dalam program sama dengan konsep fungsi di dalam matematika, function menghasilkan sebuah nilai. Untuk menghasilkan sebuah nilai ini maka function perlu mempunyai tipe data dari nilai yang dihasilkan. Selain itu dapat juga digunakan parameter-parameter untuk memasukan nilai tertentu. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan contoh function berikut:
Function NilaiRata(a,b,c : integer) : real;
Var NR : real;Procedure TulisPesan;
{Buat jendela}
{Tulis pesan ke jendela}
{Buang jendela}
end;
Function mempunyai sedikit perbedaan. Function adalah procedure yang menghasilkan sebuah nilai. Misalnya sebuah persamaan y=cos(6). Fungsi cos memakai bilangan 6 sebagai operandnya, menghitung nilai cosinus dari 6 dan mengembalikan nilainya ke persamaan. Fungsi cosinus dipanggil dari sebuah ekspresi matematika. Function di dalam program sama dengan konsep fungsi di dalam matematika, function menghasilkan sebuah nilai. Untuk menghasilkan sebuah nilai ini maka function perlu mempunyai tipe data dari nilai yang dihasilkan. Selain itu dapat juga digunakan parameter-parameter untuk memasukan nilai tertentu. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan contoh function berikut:
Function NilaiRata(a,b,c : integer) : real;
Begin
NR:=(a+b+c)/3;
NilaiRata;=NR;
End;
EVENT DRIVEN DAN EXCPTION
Program yang Event-Driven
Apakah program yang event driven? Program yang event driven terdiri dari blok-blok perintah yang dijalankan jika terjadi sebuah event atau aksi. Contoh-contoh event adalah klik pada mouse, menekan tombol pada keyboard dan memulai aplikasi. Pada lingkungan grafis, beberapa aplikasi dijalankan bersama-sama,model event driven sangat efektif untuk memberi respon pada masukan user.
Aplikasi yang event-drivent tidak akan mengerjakan apa-apa, jika tidak terjadi event. Oleh sebab itu program event-driven tidak mempunyai titik awal dan titik akhir yang jelas. Program hanya perlu mengetahui respon-respon yang akan diberikan pada setiap event. Pada aplikasi basis Windows, kita tidak akan mengetahui apakah apakah user akan memasukkan sebuah kalimat, atau memilih sebuah menu atau klik pada mouse. Apapun aksi yang dilakukan user, program harus meresponi setiap event.
Event-event yang sudah didefinisikan dapat anda lihat pada tab Events pada object inspector. Anda juga dapat menambahkan event.
Aplikasi yang event-drivent tidak akan mengerjakan apa-apa, jika tidak terjadi event. Oleh sebab itu program event-driven tidak mempunyai titik awal dan titik akhir yang jelas. Program hanya perlu mengetahui respon-respon yang akan diberikan pada setiap event. Pada aplikasi basis Windows, kita tidak akan mengetahui apakah apakah user akan memasukkan sebuah kalimat, atau memilih sebuah menu atau klik pada mouse. Apapun aksi yang dilakukan user, program harus meresponi setiap event.
Event-event yang sudah didefinisikan dapat anda lihat pada tab Events pada object inspector. Anda juga dapat menambahkan event.
PEMROGRAMAN GARFIS MULTIMEDIA
Koordinat
Setiap komponen visual mempunyai property top dan left. Nilai yang tersimpan dalam property ini menyatakan dimana komponen tersebut diletakkan dalam form.
Koordinat bersifat relatif. Misalnya anda berada di lantai 20 dari sebuah gedung. Berapa ketinggian bahu anda? Jawabannya relatif. Anda dapat mengukurnya dari tanah atau dari ubin dilantai 20. koordinat di dalam Delphi juga relatif. Berapa koordinat sebuah komponen? Anda akan menyatakan koordinat komponen tersebut pada container-nya. Jika sebuah container adalah form, maka koordinat tersebut adalah relatif terhadap form. Sedangkan koordinat form mengacu pada layar.
Top menyatakankoordinat y (vertikal), dalam satuan pixel. Sedangkan left menyatakan koordinat x (horizontal). Top dan left dapat dipakai untuk mengubah posisi dari sebuah komponen.
Koordinat bersifat relatif. Misalnya anda berada di lantai 20 dari sebuah gedung. Berapa ketinggian bahu anda? Jawabannya relatif. Anda dapat mengukurnya dari tanah atau dari ubin dilantai 20. koordinat di dalam Delphi juga relatif. Berapa koordinat sebuah komponen? Anda akan menyatakan koordinat komponen tersebut pada container-nya. Jika sebuah container adalah form, maka koordinat tersebut adalah relatif terhadap form. Sedangkan koordinat form mengacu pada layar.
Top menyatakankoordinat y (vertikal), dalam satuan pixel. Sedangkan left menyatakan koordinat x (horizontal). Top dan left dapat dipakai untuk mengubah posisi dari sebuah komponen.
Canvas
Canvas adalah area gambar abstrak dari objek atau komponen-komponen grafik. Canvas mempunyai property, event, dan method yang dapat dipakai untuk membuat gambar dengan cara:
• Menyatakan tipe brush, pen, dan font yang dipakai.
• Menggambar dan mengisi berbagai bentuk dan garis.
• Menulis teks dan lain-lain
Jika bekerja dengan grafik ada dua istilah penting yang harus dibedakan yaitu drawing (menggambar) dan painting (mengecat).
• Drawing adalah menciptakan sebuah elemen garfik, seperti garis atau bentuk. Di program, anda menggambar sebuah objek dengan menyatakan posisinya pada canvas, dan memanggil sebuah method drawing.
• Painting adalah membuat tampilan objek. Biasanya painting melibatkan drawing.
Pixel
Pada dasarnya semua operasi grafik adalah mengubah warna pixel pada area gambar. Pixel merupakan titik-titikpada layar monitor yang mempunyai kerapatan tetentu. Kerapatan pixel ini disebut dengan resolusi.
Pen
Property pen pada control canvas merupakan cara untuk memunculkan garis, termasuk garis-garis yang digambar pada bagian luar dari suatu bentuk (shape). Menggambar garis lurus pada dasarnya hanya merubah kelompok pixels yang menghubungkan dua titik.
• Menyatakan tipe brush, pen, dan font yang dipakai.
• Menggambar dan mengisi berbagai bentuk dan garis.
• Menulis teks dan lain-lain
Jika bekerja dengan grafik ada dua istilah penting yang harus dibedakan yaitu drawing (menggambar) dan painting (mengecat).
• Drawing adalah menciptakan sebuah elemen garfik, seperti garis atau bentuk. Di program, anda menggambar sebuah objek dengan menyatakan posisinya pada canvas, dan memanggil sebuah method drawing.
• Painting adalah membuat tampilan objek. Biasanya painting melibatkan drawing.
Pixel
Pada dasarnya semua operasi grafik adalah mengubah warna pixel pada area gambar. Pixel merupakan titik-titikpada layar monitor yang mempunyai kerapatan tetentu. Kerapatan pixel ini disebut dengan resolusi.
Pen
Property pen pada control canvas merupakan cara untuk memunculkan garis, termasuk garis-garis yang digambar pada bagian luar dari suatu bentuk (shape). Menggambar garis lurus pada dasarnya hanya merubah kelompok pixels yang menghubungkan dua titik.
Brush
Property brush dari canvas digunakan untuk mengontrol cara mengisi area, beserta interior dari suatu bentuk (shape). Mengisi area dengan brush adalah dengan cara merubah besar nomer batasan pixel dalam spesifikasi cara.
Brush mempunyai 3 property yang dapat Anda manipulasi:
Property Color: untuk merubah warna isi
Property Style: untuk merubah style dari brush.
Property Bitmap: menggunakan bitmap untul sebagai patern dari brush
Nilai dari property tersebut menentukan cara canvas mengisi bentuk atau area yang lain. secara default, setiap brush memulai dengan warna putih (white), dengan style solid dan tidak ada pattern bitmap.
Warna brush menentukan warna apa yang akan digunakan canvas dalam mengisi suatu bentuk. Untuk merubah warna isi, masukkan value ke property color pada brush. Brush digunakan untuk warna background dalan menggambar text dan garis jadi.
Brush mempunyai 3 property yang dapat Anda manipulasi:
Property Color: untuk merubah warna isi
Property Style: untuk merubah style dari brush.
Property Bitmap: menggunakan bitmap untul sebagai patern dari brush
Nilai dari property tersebut menentukan cara canvas mengisi bentuk atau area yang lain. secara default, setiap brush memulai dengan warna putih (white), dengan style solid dan tidak ada pattern bitmap.
Warna brush menentukan warna apa yang akan digunakan canvas dalam mengisi suatu bentuk. Untuk merubah warna isi, masukkan value ke property color pada brush. Brush digunakan untuk warna background dalan menggambar text dan garis jadi.
File Media
Ada beberapa jenis file multimedia dengan format yang berbeda-beda diantaranya adalah sebagai berikut:
File WAV
Fiel .wav (waveform) adalah fiel untuk menyimpan suara yang direkam dengan teknologi dari Microsoft. Dalam lingkungan windows format ini telah diakui sebagai format audio standar.
File MIDI
File midi (musical instruments gidital interface) sama seperti file .wav yang berakhiran .mid juga berhubungan denga suara. Dibandingkan dengan file wav adalah ukurannya yang lebih kecil, tetapi tidak semua suara dapat disimpan dalam format file .mid, sebagai contoh suara anjing menggonggong atau singa mengaum tidak bisa disimpan dalam file midi.
File MP3
Adalah file dengan format perekaman suara sigital yang dikompresi. File musik MP3 direkam pada 128Kbps yang akan memakan 1 MB untuk suara permenitnya. Untuk memainkan file MP3 dibutuhkan media player, salah satunya dimiliki oleh program visual basic yaitu multimedia MCI.
File AVI
Fiel avi (audio video interleaving) merupakan file standart yang dimiliki oleh system operasi Microsoft windows untuk memainkan data video dan audio secara digital. File avi adalah file hasil kompresi gambar-gambar dan atau suara digital tyang terangkai dan membantuk file baru yang dapat dimainkan secara bergerak dan bersuara.
File DAT
File DAT (Digital Audio Tape) adalah file yang diproses dengan peralatan digital tape. Ukuran dari file ini cukup besar dibandingkan dengan file AVI, tetapi gambar yang dihasilkan lebih bagus.
Memainkan Video
Delphi dapat membangun aplikasi yang dapat memainkan video dengan adanya beberapa komponen pendukungnya. Untuk memainkan video ini dapat digunakan komponen Animate atau komponen MediaPlayer. Memiankan video dengan komponen Animate hanya dapat menampilkan video tanpa suara, sedangkan kalau menggunakan komponen MediaPlayer, video dapat dimainkan secara optimal.
Delphi dapat membangun aplikasi yang dapat memainkan video dengan adanya beberapa komponen pendukungnya. Untuk memainkan video ini dapat digunakan komponen Animate atau komponen MediaPlayer. Memiankan video dengan komponen Animate hanya dapat menampilkan video tanpa suara, sedangkan kalau menggunakan komponen MediaPlayer, video dapat dimainkan secara optimal.
PEMROGRAMAN DATABASE
Database digunakan untuk menyimpan data sehingga dapat dimanipulasi dengan mudah. Tanpa adanya database, programmer akan membuat procedure-procedure yang rumit untuk memanipulasi data. Delphimenyediakan komponen-komponen yang dipakai untuk mengakses table dan method untuk memanipulasi record. Delphi memberikan fasilitas yang compleks.
Dalam membangun aplikasi database, Delphi menyediakan dukungan untuk berbagai driver standar yang banyak. Dengan adanya dukungan yang banyak ini Delphi daoat digunakan untuk membangaun database dengan model stand alone (berdiri sendiri), file share (berbagi), dan database client/server. Selain itu Delphi juga memberikan dukungan untuk database dengan aristektur one tire, two tire, dan multi tire.
Komponen-Komponen Database
Aplikasi database dibangun dari elemen user interface, komponen yang mempresentasikan informasi database, dan komponen yang menghubungkan ke sumber database.
User interface form
Merupakan form sebagai user interface yaitu komponen yang menjadi antar muka untukberhubungan dengan user.
Dalam membangun aplikasi database, Delphi menyediakan dukungan untuk berbagai driver standar yang banyak. Dengan adanya dukungan yang banyak ini Delphi daoat digunakan untuk membangaun database dengan model stand alone (berdiri sendiri), file share (berbagi), dan database client/server. Selain itu Delphi juga memberikan dukungan untuk database dengan aristektur one tire, two tire, dan multi tire.
Komponen-Komponen Database
Aplikasi database dibangun dari elemen user interface, komponen yang mempresentasikan informasi database, dan komponen yang menghubungkan ke sumber database.
User interface form
Merupakan form sebagai user interface yaitu komponen yang menjadi antar muka untukberhubungan dengan user.
Komponen Database
Komponen database ini adalah komponen yang biasanya digunakan untuk behubungan dengan database. Untuk model database yang berbeda akanmenggunakan komponen database yang berbeda. Misalnya dengan menggunakan ADO atau dengan menggunakan interbase, atau DBExpress.
Komponen Dataset (Tabel, Query, dll)
Komponen dataset ini adalah komponen yang digunakan untuk berhubungan dengan objek database misalnya table atauuntuk membentuk query yang dapat menghasilkan suatu data tetentu tertentu dari suatu database. Dengan dataset maka data pada database dapat dimanipulasi. Komponen yang biasa dipakai adalah komponen table dimana komponen ini digunakan untuk berhubungan dengan table tertentu dalam suatu database. Anda dapat melakukan seting pada property tablename, dan property databasename. Selain komponen table, komponen yang lain yang biasa digunkan adalah komponen query. Komponen ini digunakan untuk mengambil data dari satu atau beberapa table dengan menggunakan statemen SQL
Komponen dataset ini adalah komponen yang digunakan untuk berhubungan dengan objek database misalnya table atauuntuk membentuk query yang dapat menghasilkan suatu data tetentu tertentu dari suatu database. Dengan dataset maka data pada database dapat dimanipulasi. Komponen yang biasa dipakai adalah komponen table dimana komponen ini digunakan untuk berhubungan dengan table tertentu dalam suatu database. Anda dapat melakukan seting pada property tablename, dan property databasename. Selain komponen table, komponen yang lain yang biasa digunkan adalah komponen query. Komponen ini digunakan untuk mengambil data dari satu atau beberapa table dengan menggunakan statemen SQL
Komponen data source merupakan komponen yang digunakan untuk menghubungkan antara komponen table dengan komponen datacontrol. Property yang dapat diisi adalah property dataset diisi dengan nama komponen table.
Komponen Data control
Adalah komponen yang berfungsi untuk menampilkan data. Dengan komponen ini data dimungkinkan untuk dapat ditampilakn melalui kotak edit, text, grid, atau yang lainnya.
Komponen Data control
Adalah komponen yang berfungsi untuk menampilkan data. Dengan komponen ini data dimungkinkan untuk dapat ditampilakn melalui kotak edit, text, grid, atau yang lainnya.
Index
Index adalah urutan dari record-record berdasarkan field tertentu. Beberapa driver database mendefinisikan sebuah key otomatis untuk membuat index untuk field tersebut. Keuntungan index adalah lebih cepat dalam mencari dan mengurutkan berdasarkan kolom yang diindex.
Operasi Database
Operasi database adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk memanipulasi data. Operasi-operasi ini misalnya memasukan data, mengganti data, menghapus data, dan merefresh data.
Untuk melakukan operasi-operasi tersebut dapat dilakukan dengan memanggil method-method dari suatu dataset yaitu tabel atau query. Method-method yang dipanggil adalah insert untuk memasukan data, edit untuk mengganti data, delete untuk menghapus data, post untuk mengirimkan data, dan refresh untuk menyegarkan kembali data.
Operasi Navigasi
Operasi navigasi adalah operasi yang digunakan untuk memindahkan penunjuk record. Dengan adanya operasi navigasi ini penunjuk record bisa berada di bagian pertama atau bagian terakhir. Untuk manjalankan operasi ini dapat dilakukan dengan memanggil method first, next, previous, last dari komponen dataset yaitu komponen tabel dan atau komponen query.
LaporanLaporan merupakan hasil akhir yang diharapkan dari suatu database. Laporan ini akan sesuai dengan permintaan dan dapat dicetak ke kerta melalui printer. Untuk membuat laporan dapat digunakan komponen-komponen yang ada pada halaman tab Qreport. Komponen-komponen yang biasa digunakan adalah Quickrep, Qrband, QrLabel, dan QrDbText.
Pencarian Data
Database digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah yang besar. Jika data yang ada hanya 10 atau sampai 50 maka untuk mencari tidak akan ada kesulitan, tetapi bagaimana jika data yang ada dalam database jumlahnya mencapai ribuan bagaimana untuk mencari data. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mencari data adalah dengan indeks yang sudah ada, dengan catatan data yang dicari masih dalam bentuk data asli bukan dalam manipulasi data. Bagaimana jika data yang akan dicari dalam bentuk manipulasi data, untuk mencarinya bisa
Database digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah yang besar. Jika data yang ada hanya 10 atau sampai 50 maka untuk mencari tidak akan ada kesulitan, tetapi bagaimana jika data yang ada dalam database jumlahnya mencapai ribuan bagaimana untuk mencari data. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mencari data adalah dengan indeks yang sudah ada, dengan catatan data yang dicari masih dalam bentuk data asli bukan dalam manipulasi data. Bagaimana jika data yang akan dicari dalam bentuk manipulasi data, untuk mencarinya bisa
digunakan dengan statemen SQL dimana statemen SQL ini dapat disertakandalam komponen query. Konsep dasar dari statemen SQL adalah sebagai berikut:
Select nama_filed from nama_tabel where kondisi
Nama field diisi dengan nama-nama field yang akan ditampilkan, jika lebih dari satu dipisahkan dengan tanda koma (,).
Nama tabel diisi dengan nama tabel-tabel dimana field yang akan ditampilkan berasal. Jika lebih dari satu digunakan tanda koma (,) untuk memisahkan.
Kondisi adalah suatu kondisi yang harus dipenuhi sebagai syarat suatu data akan ditampilkan.
............Select nama_filed from nama_tabel where kondisi
Nama field diisi dengan nama-nama field yang akan ditampilkan, jika lebih dari satu dipisahkan dengan tanda koma (,).
Nama tabel diisi dengan nama tabel-tabel dimana field yang akan ditampilkan berasal. Jika lebih dari satu digunakan tanda koma (,) untuk memisahkan.
Kondisi adalah suatu kondisi yang harus dipenuhi sebagai syarat suatu data akan ditampilkan.
..........
No comments:
Post a Comment